Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pemkab Simalungun Promosikan Wisata di Badung Bali

Kadis Pariwisata dan
 Sekda Badung, Bupati Simalungun, Bupati Badung, Asisten III, Kabag 
Umum, serta Kadispenda. (Foto: Ist)Kadis Pariwisata dan Sekda Badung, Bupati Simalungun, Bupati Badung, Asisten III, Kabag Umum, serta Kadispenda. (Foto: Ist)BALI-Kabupaten Badung Provinsi Bali bersedia sebagai etalase promosi pariwisata Kabupaten Simalungun. Pemasangan baliho potensi pariwisata Simalungun telah dilaksanakan pada beberapa lokasi strategis di Badung seperti Kuta, Legian serta Jimbrana.

Badung juga bersedia memeriahkan Pesta Danau Toba (PDT) tahun ini. Hal itu dikatakan Bupati Badung, Anak Agung Gede Agung saat menerima kunjungan kerja Bupati Simalungun JR Saragih bersama rombongan di Kantor Bupati Badung Mangun Praja, Jumat (30/3).

“Bali merupakan Daerah Tujuan Wisata terbesar di Indonesia. Oleh karena itu pariwisata merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat di Bali melalui kegiatan kebudayaan yang bekerjasama dengan pemerintah. Sektor pariwisata memberikan kontribusi kepada Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp1,2 triliun tahun lalu. Sementara APBD Badung sekitar Rp1,8 triliun,” jelas Bupati.

Dia mengatakan, untuk menunjang kepariwisataan dan kebudayaan di daerahnya, Pemkab Badung membentuk Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan. Hal ini dilakukan untuk lebih mempercepat pembangunan sektor pariwisata dan kebudayaan di daerah tersebut.

“Sektor pariwisata dan budaya merupakan produk unggulan Daerah Badung. Pariwisata dan budaya merupakan dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan di Badung dan provinsi Bali umumnya,”tegasnya.

Disebutkannya, dalam pengembangan sektor pariwisata dan budaya, Pemkab Badung selalu melibat lembaga adat. Lembaga ini sangat membantu pemerintah terutama dalam pemeliharaan irigasi sawah. Irigasi sawah di Badung, selain berfungsi sebagai penyedia air bagi lahan pertanian, sekaligus juga menjadi daerah tujuan wisata. “Dari lokasi seperti ini bisa menghasilkan PAD yang cukup memadai untuk pedesaan,” katanya lagi.

Bupati Simalungun JR Saragih mengatakan, kunjungan kerja Pemkab Simalungun ke Pemkab Badung akan ditindaklanjuti dengan beberapa program, seperti pertukaran tim seni budaya dan kerjasama lainnya. Pada kesempatan itu Bupati juga memberikan undangan tertulis ke Pemkab Badung untuk ikuti serta memeriahkan Pesta Danau Toba 2012 pada Juni mendatang .

“Pemasangan iklan berupa baliho potensi pariwisata Simalungun pada beberapa lokasi strategis yang ada di Badung juga telah dilakukan seperti di Kuta, Legian serta Jimbrana dan beberapa lokasi lain,” jelasnya.

Dikatakan Bupati, kunjungan kerja seperti ini dimaksudkan untuk menjalin kerja sama dengan daerah lain yang merupakan daerah tujuan wisata di Indonesia.

Hal ini dimaksudkan guna memajukan kepariwisataan di Simalungun, karena Pemkab Simalungun bisa belajar pengelolaan pariwisata pada daerah tersebut. Menyinggung pelaksanaan PDT yang dijadwalkan 30 Juni hingga 14 Juli 2012 mendatang, Bupati Badung Anak Agung Gede Agung mengatakan pihaknya bersedia turut serta memeriahkan pelaksanaan PDT Juni mendatang.

Kedua Pemkab telah menjalin kerjasama dibidang peningkatan PAD, penataan administrasi pemerintahan desa, penataan kelembagaan perangkat daerah, pengembangan SMK Pariwisata, seni ukir serta promosi pariwisata. Pertemuan antara Pemkab Simalungun dan Badung Provinsi Bali diakhiri dengan tukar manukar cendramata.

Tampak hadir dalam pertemuan Wakil Bupati Ketut Sudi Kerta, Sekda Komang R Swandika dan beberapa pejabat Pemkab Badung lainnya. Sementara rombongan Pemkab Simalungun antara lain Plt Sekda Gidion Purba, Asisten Admnistrasi dan Umum Jan Wanner Saragih, Kepala Bappeda Wilson Simanihuruk serta Kabag Umum dan Perlengkapan Imman Nainggolan dan beberapa staf.(rel/ral)(metrosiantar.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments